http://i1186.photobucket.com/albums/z380/dicadici/d.jpg

Selasa, 25 Januari 2011

Mitos-Mitos Bumi

   Dulu, pengetahuan manusia masih terbatas. Teknologi yang dipunyai dulu belum mampu menguak rahasia bumi. Pengetahuan mereka di dasari dugaan semata. Akhirnya, berkembanglah mitos-mitos tentang bumi. Mau tau ga mitosnya?? Lihat nie di bawah!!

1. Mitos Bumi Datar
   Hampir semua orang pintar jaman kuno percaya bahwa bumi datar. Orang Mesopotamia jaman dulu menganggap bumi mengapung di atas samudra. Orang pintar Yunani kuno seperti, Anaximander, Miletus dan Hecateus menganggap bumi datar.

2. Mitos Bumi Pusat Tata Surya
   Orang Eropa zaman dulu percaya bumi pusat tata surya. Matahari dan planet lain mengelilingi bumi. Anggapan itu dianggap benar karena siapa yang membantahnya akan dihukum mati. Nyampe mati gara-gara menegur orang salah...

3. Mitos Meru Pusat Tata Surya
   Sebagian orang India kuno menganggap bumi terdiri dari 4 kelompok daratan. Keempat kelompok daratan itu mengelilingi gunung meru. Diluar bagian itu semuanya adalah lautan. Gunung Meru dianggap sebagai pusat bumi . Matahari, bulan dan bintang mengelilingi Gunung Meru sehingga terjadi siang dan malam.

4. Mitos Gempa
   Sebagian orang Afrika Barat percaya bahwa bumi terletak di kepala raksasa.. Tumbuhan adalah rambut raksasa, manusia dan hewan adalah kutu sang raksasa itu. (wah.. parah nie orang Afrika!! nyama-nyamain kita ama kutu!! wah!!!) Si raksasa biasanya duduk menghadap timur. Namun, sesakali ia berbalik ke barat, lalu kembali ke timur lagi. Ulah si raksasa tersebut yang menyebabkan gempa!!

5.  Bumi Saat Ini
    Sudah terbukti bahwa bumi itu bulat. Bumi juga bukan pusat tata surya. Pusat tata surya thu.. Matahari!! Planet-planet lain mengelilingi matahari.
    Sedangkan, gempa terjadi karena dua sebab. Pertama, gempa tektonik, (bergesernya lempeng plat tektonik) dan gempa vulkanik (bergesernya lempeng akibat aktivitas gunung berapi)

Terbukti, mitos itu salah. Orang jadul itu kadang bener, kadang juga salah!! Hehehehhehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar